Tentang Doa Novena

Mari berdiskusi mengenai Kristiani, mohon saling menghormati dan tidak membahas agama lain di forum ini.

Moderators: vids, Ken, tiwul, kartono_w, Alfonsus

Tentang Doa Novena

Postby Hening » Fri Jul 04, 2003 12:56 pm

Salam...

Beberapa hari aku diajak novena 3 Salam Maria barengan tepat jam 12 malam, sebelum jam 12 aku selalu dimiskhol buat ngingetin. Hari ini yg ke 2 tapi aku harus jujur kalo aku ngejalanin gak sepenuh hati bukan krn ngantuk ato males..but aku tidak merasa nyaman soalnya ada kata2 dalam novena yg bikin aku merasa memanipulasi Bunda, cth Demi keluhuran namamu dst... aku nggak tahu apa ini perasaanku aja ato mungkin ada teman2 yg pernah ngalamin ini...aku tunggu sharingnya. thanks sebelumnya...GBU
Hening
 
Posts: 10
Joined: Fri Jul 04, 2003 12:43 pm
Location: Jakarta

Re: Tentang Doa Novena

Postby twinhosting » Sat Jul 05, 2003 6:51 pm

Hening wrote:Salam...

Beberapa hari aku diajak novena 3 Salam Maria barengan tepat jam 12 malam, sebelum jam 12 aku selalu dimiskhol buat ngingetin. Hari ini yg ke 2 tapi aku harus jujur kalo aku ngejalanin gak sepenuh hati bukan krn ngantuk ato males..but aku tidak merasa nyaman soalnya ada kata2 dalam novena yg bikin aku merasa memanipulasi Bunda, cth Demi keluhuran namamu dst... aku nggak tahu apa ini perasaanku aja ato mungkin ada teman2 yg pernah ngalamin ini...aku tunggu sharingnya. thanks sebelumnya...GBU


manipulasi yang mana yang hening maksud? bisa di jelaskan lebih detail lagi ?
twinhosting
 
Posts: 8
Joined: Mon Jun 23, 2003 4:37 pm

Lagi usaha

Postby RINI » Mon Jul 07, 2003 10:46 am

Dear Hening,

Gpp, kalo kamu nggak seneng sama 1 kalimat, ya nggak usah diucapin. Aku juga suka pengen ketawa sama kalimat kalimat itu....keliatan banget kalo lagi usaha....pake acara ngerayu Bunda Maria. Atuh, nggak usah didoain, nggak usah ngabulin permohonan kita, Bunda Maria emang udah luhur....itu kan kaya' lagi ngibulin anak kecil: kalo kamu brenti nangis oom kasi' permen deh!..... :lol:

Kita yang sadar kalo Bunda Maria nggak seperti itu ya nggak usah ngucapin. Tapi kalo karena itu lantas nggak mau berdoa minta tolong sama Bunda, ya boleh juga sih, rugi aja. Wong berdoa via Bunda itu kan bisa dengan cara cara lain. Nggak harus dengan rumusan rumusan yang ajaib begitu. Banyak enaknya berdoa dengan bantuan Bunda Maria, jadi saya tetap mendorong agar anda rajin berdoa.

Baca kitab suci, doa tiap hari, doa tiap hari, doa tiap hari.
Baca kitab suci, doa tiap hari kalau mau tumbuh....

Selamat berdoa, semoga tumbuh! :)

Salam, Rini
RINI
 
Posts: 289
Joined: Thu Jun 19, 2003 8:38 am

Postby twinhosting » Tue Jul 08, 2003 3:00 pm

ada yang bisa kasih penjelasan gak, sejarahnya doa novena itu dari mana?
twinhosting
 
Posts: 8
Joined: Mon Jun 23, 2003 4:37 pm

Re: Tentang Doa Novena

Postby No Name » Tue Jul 08, 2003 3:47 pm

Hening wrote:Salam...

Beberapa hari aku diajak novena 3 Salam Maria barengan tepat jam 12 malam, sebelum jam 12 aku selalu dimiskhol buat ngingetin. Hari ini yg ke 2 tapi aku harus jujur kalo aku ngejalanin gak sepenuh hati bukan krn ngantuk ato males..but aku tidak merasa nyaman soalnya ada kata2 dalam novena yg bikin aku merasa memanipulasi Bunda, cth Demi keluhuran namamu dst... aku nggak tahu apa ini perasaanku aja ato mungkin ada teman2 yg pernah ngalamin ini...aku tunggu sharingnya. thanks sebelumnya...GBU


Syalom,

menurut aku doa novena itu memang bagus walaupun aku sendiri bukan orang yang berdevosi. Mengenai pendapat tentang manipulasi Bunda seperti demi keluhuran namamu dst... janganlah berpikiran negatif seperti itu sebagai orang katolik. Karena pada saat kita berdoa novena itu bukanlah kata2 yang kita baca dari teks yang diperhatikan oleh Bunda Maria, tetapi bagaimana kita menghormati Bunda Maria di dalam doa novena itu sendiri dengan iman kita dan harapan yang penuh akan dikabulkannya doa kita oleh karena belas kasih dari Ibu Maria.

Sharing
Aku melakukan doa novena tiga salam maria pertama kali nya pada waktu aku belum katolik dan boleh dikatakan sebagai 'anak yang hilang' dan waktu itu aku mempunyai permohonan. Karena aku banyak denger dari orang2 kalau novena tiga salam maria itu ampuh, jadi aku coba aja. Orang usaha kan bole2 aja. Aku melakukan doa novena tiga salam maria ditambah novena hati kudus Yesus tepat jam 12 malam setiap hari untuk 9 hari berturut2. Aku berdoa penuh harapan percaya2in deh kalau Tuhan bakal ngabulin permohonan aku. Padahal aku doa cuma baca doang, gak tau apa yang aku baca, pokoknya baca aja dari awal sampe akhir. Tapi kira2 hari ke 6 gitu, Tuhan sudah menjawab doa aku, yang waktu itu aku kaget sekali. Loh?!? doa aku gak dikabulkan tetapi malah mendapat jawaban yang begitu jelas dalam sebuah buku mengenai permohonan aku, mengapa Tuhan tidak mengabulkan permohonan aku.

Jadi aku percaya, sebenarnya bukan kata2 doa novena itu yang menjadi perhatian Ibu Maria, tetapi karena iman dan harapan kita kepada Ibu Maria memohon belas kasihnya untuk mengabulkan permohonan kita. Doa kata2 novena tiga salam maria itu hanya pengantara niat kita di dalam memanjatkan permohonan kita kepada Ibu Maria dan Ibu Maria yang menyelidiki hati kita apakah kita sungguh2 dan apakah permohonan kita itu demi kebaikan kita sendiri dan untuk kemuliaan Allah. Ibu Maria sungguh ibu yang berbelas kasih kepada kita semua akan memberikan yang terbaik untuk kita, lah buktinya doa novena aku gak dikabulkan malahan dikasih penjelasan kenapa doa aku gak dikabulkan. Jadi sudah sepantasnya kita tidak berpikiran negatif tentang doa novena tiga salam maria itu, sebaliknya marilah kita menaruh rasa hormat kepada Bunda Maria yang berbelas kasih.

Damai Tuhan menyertai anda. GBU.
No Name
 
Posts: 13
Joined: Thu Jun 19, 2003 10:59 am
Location: DKI Jakarta

Postby @ngelie » Wed Jul 09, 2003 6:50 pm

twinhosting wrote:ada yang bisa kasih penjelasan gak, sejarahnya doa novena itu dari mana?


Syalom!
Sejarah pastinya sih saya ngga tahu, tapi waktu surfing, nemuin web ini :
http://www.newadvent.org/cathen/11141b.htm
moga2 aja bisa bantu.
GOD bless you all! :)
@ngelie
 
Posts: 1
Joined: Thu Jun 19, 2003 10:14 pm
Location: Yogyakarta

Re: Tentang Doa Novena

Postby Daniel Pane » Sun Aug 17, 2003 11:26 am

[quote="Hening"]Salam...

Saya pernah beberapa kali mengikuti Novena bersama, di sana doa Novena itu tidak dibaca begitu saja, melainkan ada berbagai penyesuaian sehingga teksnya tidak sama persis dengan yang di Puji Syukur. Jadi kalau kamu merasa Novena itu agak memanipulasi kamu bisa menggantinya dengan kata-kata yang lebih pas menurut kamu untuk menghormati Bunda Perawan yang Terberkati
Daniel Pane
 
Posts: 1
Joined: Sun Aug 17, 2003 11:16 am
Location: Bandung

Postby elvina » Sun Aug 17, 2003 1:34 pm

Aku juga punya pengalaman sama ama No Name. Permintaanku / doaku pada Bunda Maria tidak dikabulkan tapi malahan dikasih penjelasan kenapa doa aku gak dikabulkan & aku diberikan jalan terbaik menurut Dia walaupun kenyataannya harus menyakitkan. Tapi aku percaya jalan itu adalah jalan terbaik untuk masa depanku.

Dulu aku gak pernah Doa Novena, tp kalau sedang sedih & butuh bantuan aku selalu Doa Hati Kudus Yesus. Dan aku mulai Doa Novena sejak aku bener2 butuh segala macam jenis doa untuk bisa membantu masalahku ini. Dan akhirnya Doa Novena termasuk salah satu dalam doaku. Dan apa yang aku dapat? Setiap permohonan doa tidak selamanya bisa terkabul sesuai permohonan kita tapi kita diarahkan untuk mendapatkan yang terbaik. Yang penting dari segala macam doa itu.....termasuk Doa Novena, Doa Hati Kudus Yesus, dll; yang penting adalah kita percaya bahwa doa kita akan terjawab & Dia akan memberikan yang terbaik kepada kita. Kita tidak harus berpatokan pada doa2 tersebut, doa yang ada dalam hati nurani kita pun bisa asalkan kita bersungguh2 atas doa tersebut. Doa Novena, Doa Hati Kudus Yesus, dll itu khan hanya perantara agar doa kita lebih terarah.
elvina
 
Posts: 3
Joined: Wed Aug 13, 2003 10:29 pm
Location: jakarta


Return to Diskusi Kristiani

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

cron