AKTIVIS GEREJA PINDAH AGAMA (?)

Mari berdiskusi mengenai Kristiani, mohon saling menghormati dan tidak membahas agama lain di forum ini.

Moderators: vids, Ken, tiwul, kartono_w, Alfonsus

AKTIVIS GEREJA PINDAH AGAMA (?)

Postby manukdadali » Fri Aug 05, 2005 12:50 pm

Hi Hamba_sahaya,

Saya telah membaca apa yang ditulis oleh syafira mengenai masuknya Irena Handono ke Islam.
Dan setahu saya bukan hanya dia, aktivis gereja yang masuk Islam. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Tolong bantu saya menjawab pertanyaan ini yang selalu mengusik hati saya.


Ah itu sih biasa biasa aja, sedangkan murid Yesus aja ada yg menghianatiNya, kalau ada orang (baik tokoh atau bukan) bahkan anda mau pindah juga ngga masalah, cuma resiko tanggung sendiri nanti pada saat pengadilan terakhir.

Dan ada satu lagi pertanyaan, apakah ada suatu agama yang memberikan konsekuensi atau hukuman tertentu yang harus diterima bila umatnya berpindah agama?


Ngga lah ngga akan di hukum atau di Fatwa apa apa, biar aja, gitu aja koq mau di Fatwa mati, itu bukan kebiasaan kami, nanya apa nanya ????
Kayanya ada sesuatu di balik rempeyek ?? :twisted:
manukdadali
 
Posts: 235
Joined: Fri Aug 06, 2004 9:20 am

Postby japri » Fri Aug 05, 2005 1:00 pm

Setahu saya irena handono itu bukan seorang aktivis.
Tapi mengaku ngaku seorang aktivis untuk tujuan tertentu.

Dalam ajaran kristen tidak ada hukuman orang meninggalkan imannya
kecuali hukuman kekal nanti di neraka.

Soalnya orang percaya khan pasti dijamin ke surga lha wong orang
yang pindah agama maka otomatis pindah tempatnya.
japri
 
Posts: 261
Joined: Mon Aug 04, 2003 12:16 pm

Re: AKTIVIS GEREJA MASUK ISLAM

Postby Alfonsus » Fri Aug 05, 2005 2:06 pm

hamba_sahaya wrote:Saya telah membaca apa yang ditulis oleh syafira mengenai masuknya Irena Handono ke Islam.
Dan setahu saya bukan hanya dia, aktivis gereja yang masuk Islam. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Tolong bantu saya menjawab pertanyaan ini yang selalu mengusik hati saya.
Dan ada satu lagi pertanyaan, apakah ada suatu agama yang memberikan konsekuensi atau hukuman tertentu yang harus diterima bila umatnya berpindah agama?

Terima kasih.



Saya rasa pindah agama bukan suatu hal yang aneh.
Terlalu banyak yang bisa dicontohkan dan terjadi dalam semua agama dan golongan.

Mengenai apa hukuman yang berlaku, ini lebih beragam.
Pada negara yang sangat amat berkorelasi dengan agama, hukuman yang terjadi bisa sangat amat berat.
Ambil contoh, Saudi Arabia misalnya, yang sama sekali tidak memperbolehkan agama-agama lain untuk hidup kecuali Islam. Mereka yang ketahuan mempraktekkan agamanya akan ditangkap.
Saudi Arabia termasuk dalam list Amnesti Internasional sebagai negara paling buruk yang menghargai hak asasi seseorang dalam hal kebebasan beragama.

Sementara agama lain yang kurang berkorelasi dengan negara, biasanya mewujud dalam bentuk bentuk fundamentalisme yang mengambil kuasa sipil untuk menjatuhkan hukuman. Fundamentalist Hindu sebagaimana sekarang ini menguat di India melakukan tindakan premanisme, penggusuran, pemecatan, intimidasi terhadap kasta-kasta rendah yang meninggalkan Hinduisme. Entah mereka melakukan penindasan ini murni karena atas nama agama, entah demi kepentingan sosial ekonomis. Membiarkan kasta yang lebih rendah mendapat pendidikan merupakan hal yang tidak akan menguntungkan.

Dalam agama Katolik, sekarang ini, bisa dibilang tidak ada hukuman apapun bagi mereka yang pindah agama. Hukuman fisik, ekonomis, dsbnya dalam Kitab Hukum Kanonik, tidak ada apapun yang mengatur semuanya itu. Lembaga-lembaga sosial Katolikpun (seperti pendidikan, kesehatan, dsbnya) tidak pernah dibatasi hanya bagi umat Katolik, tapi terbuka bagi siapa saja yang membutuhkan.
Karena itu, tidak ada sanksi ekonomis, dsbnya tidak ada sama sekali. Sebaliknya, hal-hal semacam itu ditentang oleh Gereja Katolik atas dasar penindasan hak asasi manusia.
Alfonsus
 
Posts: 397
Joined: Fri Jul 04, 2003 1:16 pm
Location: Jakarta

Postby Asakura » Sat Aug 06, 2005 12:00 am

wekekee... Hj.Irene Handoyo itu ya ?? saya sudah liat VCD 'ceramahnya' yg ngaku-ngaku dia pernah jadi biarawati, tapi terus mendapat 'wangsit' dari auloh.... supaya 'berbalik' ke jalan yg 'benar', dalam ceramahnya itu semua dia melakukan serangan-serangan ke pihak kristen.... tapi kebanyakan serangan-serangannya itu dangkal..... mencuplik-cuplik satu ayat, terus di serang........ padahal kalau memang dia benar-benar biarawati, seharusnya dia sudah bisa menjawabnya sendiri, dengan membaca keseluruhan ayat dari awal......
melihat 'gelagat'nya yg tidak beres itu, saya tahu bahwa dia mempunyai niatan yg tidak beres........ saya rasa dulunya dia bukan biarawati yg beneran, meskipun biarawati.... mungkin pemahamannya masih 'dangkal' tentang kekristenan.....
dilihat dari VCD ceramahnya, yg paling mendapat porsi paling besar yg dibahas yaitu masalah "kenapa natal perlu dirayakan? kan di injil tidak tertulis hal itu ?"
dan seringkali dia 'mempromosikan' VCD,Buku & kaset-kasetnya...
ini jelas terlihat, niatan berbisnisnya......

Ya..... terserah dia lah... mau menipu atau gimana..... yang penting nanti di akhirat Tuhan akan mengadili semua umat manusia sesuai dengan perbuatannya......
Kristen tidak ada fatwa-fatwa macam-macam seperti membunuh orang yg murtad.... (kalo ini adanya sih di agama.... I**** :p )
masalah mau murtad atau gimana itu kehendak bebas manusia,
semuanya itu akan dipertanggung jawabkan nanti pada Pengadilan Tuhan!
Asakura
 
Posts: 7
Joined: Wed Aug 03, 2005 1:16 am

Re: AKTIVIS GEREJA MASUK ISLAM

Postby spongebob » Tue Aug 09, 2005 7:04 am

hamba_sahaya wrote: Tolong bantu saya menjawab pertanyaan ini yang selalu mengusik hati saya.
Dan ada satu lagi pertanyaan, apakah ada suatu agama yang memberikan konsekuensi atau hukuman tertentu yang harus diterima bila umatnya berpindah agama?
Terima kasih.


kamu akan lebih terkejut kalau tau berapa aktivis islam yang masuk Katolik/Kristen.

btw. pastor di paroki ku dulunya muslim.
kakek - nenek - nyokapku dulunya muslim
tanteku dulunya muslim
calon istriku dulunya muslim
iparku dulunya muslim
Anak domba Allah yang menghapus dosa dunia ...
spongebob
 
Posts: 119
Joined: Fri Nov 26, 2004 10:11 am

Pindah agama

Postby permisi » Tue Aug 09, 2005 11:03 am

Kenyataan yang 'memprihatinkan' bagi umat katolik, bahwa memang beberapa orang yang pernah menjadi 'aktivis' meninggalkan agama katolik dan memeluk agama lain.

Dalam ketulusan hati,
semoga hanya kebetulan saja,
yang ditampilkan pindah agama itu ternyata sebagian besar (sejauh saya tahu) selalu didahului dengan tampil sebagai orang yang bermasalah (dengan keluarga, dengan masyarakat, di tempat kerja, atau yang lain; bisa masalah moral, kepribadian, ekonomi, atau yang lain)
Silahkan tanya kepada yang bersangkutan. Kalau menjawab dengan jujur, akan menjadi jelas. Kalo tidak jujur .... Tuhan yang tahu.

Dan memprihatinkan lagi, masalah itu tidak terselesaikan dengan mengambil agama yang baru. Tapi terselimuti oleh pengaruh-pengaruh sosial seperti: "stigma mayoritas-minoritas, rasa sungkan untuk 'ikut campur' dalam urusan agama lain" dsb. Pendeknya, agama yang 'baru' menjadi semacam 'perlindungan' sekedar untuk menutupi 'kekurangan, kelemahan, borok yang ada pada kehidupan pribadinya ---- yang sayangnya ---- seringkali tidak berhasil juga. Orang yang bersih hati nuraninya tetap akan melihat semuanya dengan prihatin dan mengelus dada.

Sisi baiknya, atau keberuntungannya, orang yang demikian sekarang paling tidak didoakan oleh umat dari dua agama (agama lama dan agama baru). Umat agama lama mendoakan agar dia dapat bertobat dan menjadi baik. umat agamanya yang baru mendoakan agar dia dapat memperbaiki diri juga sehingga tidak mempermalukan umat beragamanya secara lebih luas.

Jadi. marilah kita doakan bersama orang-orang yang 'lemah' itu seperti kita pun dapat tergoda/jatuh dalam kelemahan yang sama.

Ciaoooo
"Aku ini hamba Tuhan"
permisi
 
Posts: 24
Joined: Sun Aug 07, 2005 7:35 pm
Location: semarang

Postby bonita » Tue Aug 09, 2005 3:42 pm

memang banyak yg ribut dan berkoar2x saat pindah agama dari nasrani ke agama lain.
tapi gak gitu banyak yg berkoar2x kalau dari agama lain pindah ke agama nasrani.
Yah yg perulu kita lakukan adalah mendoakan orang2x ini agar dengen agamanya yg baru dia benar2x bisalebih mengerti dan menghargai agama orang lain,bukannya mejelek2xkan agamnya yg dulu.

Masalah hukumnya apa dia akan di hukum sekarang dan kelak bila dia mati hanya Allah yg tau.
Semua akan indah tepat pada waktu NYA
bonita
 
Posts: 19
Joined: Mon Jul 11, 2005 2:28 pm
Location: melbourne

Postby tiwul » Thu Aug 11, 2005 7:10 pm

bonita wrote:memang banyak yg ribut dan berkoar2x saat pindah agama dari nasrani ke agama lain.
tapi gak gitu banyak yg berkoar2x kalau dari agama lain pindah ke agama nasrani.


Masalahnya Murtadin hukumannya mati (katanya begitu lho di Quran) dan Mualaf ganjarannya bisa jadi celebritis di TV dan dibuatkan VCD dan dapat duit banyak utk "kesaksian"nya (contoh: Hajah Irene).

Yah jelas lah tidak ada yg mau koar2 kalau jadi Murtadin....:)

salam...
tiwul
 
Posts: 1541
Joined: Wed Jul 14, 2004 3:05 pm

Re: Pindah agama

Postby Alfonsus » Fri Aug 12, 2005 11:15 am

Sdr. Penuh Tanya,

Tampaknya anda tahu juga, mereka yang pindah agama karena kenyamanan pribadi, bukan karena pencarian yang tulus biasanya lebih banyak berkoar.
Saya rasa ini umum terjadi di mana saja. Seseorang membutuhkan justifikasi atas sesuatu. Tapi jika alasan yang diambil bukan karena suara hati yang jernih, punya banyak backing lebih menguntungkan. Ini terjadi di mana saja, dalam hal afiliasi politik, sampai urusan rumah tangga.

Kalau dibilang agama Nasrani, banyak juga orang yang pindah yang berkoar. Saya tidak mengatakan hal ini baik, apa lagi kalau diruntut dasar pindahnya juga tidak totally justifiable.
Sementara untuk kalangan Katolik, umumnya hal ini tidak terjadi.

Memberitakan alasan kepindahan dan sebagainya tentu saja boleh, tapi apakah cerita yang disebarkan itu akan membawa dampak yang baik?

Hirarki bisa menindak orang-orang yang demikian, lewat teguran atau bahkan melontarkan pendapat yang mendiskreditkan hal tersebut. Tanggapan formal seperti ini tentu saja lebih berbobot bagi masyarakat.

Pada akhirnya, apa sih artinya aktivis?
Saya tahu banyak orang yang aktif dalam kehidupan menggereja, tapi biasa-biasa saja juga dalam hal pengetahuan seputar ajaran Gereja. Mereka cukup tahu dan melakukan apa yang diajarkan.

Bukannya umat tidak didorong untuk belajar. Tapi tiap orang punya minat dan prioritas belajar yang berbeda. Tapi dibilang aktivis, ya aktif. Mereka sangat aktif.

Sehingga, penggunaan kata aktivis untuk seolah menggambarkan seseorang yang tahu luar dalam tentang iman Katolik lalu pindah agama dan sebagainya, adalah tafsiran yang terlalu berlebihan. Suatu konsekwensi yang berupa hipotesis teoritis, tapi tidak justifiable.
Bukannya di semua agama, kelompok, golongan, bahkan rumah tangga juga demikian?

Seorang ibu rumah tangga bisa menjadi ibu rumah tangga yang aktif dan baik tanpa tahu mengapa atau kursus dulu.
Alfonsus
 
Posts: 397
Joined: Fri Jul 04, 2003 1:16 pm
Location: Jakarta

Re: AKTIVIS GEREJA MASUK ISLAM

Postby gerandong » Sun Aug 21, 2005 12:51 pm

hamba_sahaya wrote:Saya telah membaca apa yang ditulis oleh syafira mengenai masuknya Irena Handono ke Islam.
Dan setahu saya bukan hanya dia, aktivis gereja yang masuk Islam.
Bagaimana hal ini bisa terjadi? Tolong bantu saya menjawab pertanyaan ini yang selalu mengusik hati saya.


Masalah pindah ato nggak, jangan terlalu diambil pusing, klo nurut kamu iman kamu nggak disini, jangan diem aja, ikutin aja kata hatimu.
Masalah AGAMA adalah hanya masalah kepercayaan, klo kamu nggak percaya sama AGAMA kamu saat ini, buat apa ?
Mendingan kamu cari AGAMA yang bisa kamu percayain, and iman kamu bisa tumbuh dan berkembang disana !
Yang penting kan tindakan kamu, tapi klo di AGAMA barumu nanti keadaannya sama aja, sama aja bo'ong !


hamba_sahaya wrote:Dan ada satu lagi pertanyaan, apakah ada suatu agama yang memberikan konsekuensi atau hukuman tertentu yang harus diterima bila umatnya berpindah agama?


Setahu saya klo di KRISTEN baik KATOLIK maupun PROTESTAN nggak ada tuh.
"sometimes is just better to say nothing"
gerandong
 
Posts: 804
Joined: Mon Aug 04, 2003 2:50 pm
Location: Palembang

Postby Namfes » Mon Jun 05, 2006 2:16 pm

Aduh Mahh.... saya malah senang orang-orang macam itu masuk Islam atau agama lain... lah wong sewaktu masih katolik juga hanya mepermalukan katolik saja. Sekarang aku tak malu lagi.. karena para pembuat malu itu sudah pindah agama.

Dulu waktu Tyson pindah ke Islam.. waduh.. para Muslim pada melonjak kegirangan. Yang tidak suka tinju pun jadi senang nonton tinju... dsb...
Aku pun ikut melonjak kegirangan.. soalnya tukang perkosa yang tak mau bertobat macam itu memang tidak layak jadi pengikut Yesus.

Di Amerika banyak sekali narapidana yang masuk Islam... sayangnaya kebanyakan mereka setelah keluar dari penjara.. tetap saja menjadi gangster dan kriminal.
So.. aku senang saja mereka pindah agama.

Julha itu penting.. tapi lebih penting mutu, dong!
Namfes
 
Posts: 113
Joined: Wed May 31, 2006 11:55 pm
Location: Abroad

Terinspirasi oleh Irene Subandono

Postby alexius wiguno » Wed Jun 07, 2006 7:29 pm

Terus terang saja saya pertama kali kaget melihat vcd tersebut. Kaget karena dia sebegitu lugas bicara hingga terkesan tendensius. Tapi setelah lama saya cermati subtansi materi nya, dimana ia banyak mengali fakta fakta historis tentang Tuhan Yesus, membuka fakta fakta dogmatic lain nya, maka jujur saja saya pun akhir nya bertanya kembali pada diri saya sendiri, jangan jangan blindfaith yang selama ini saya lakukan tanpa sadar adalah salah adanya? Karena kalau melihat tipikal Irene yang begitu smart dengan kemampuan intelektualitas yang cukup, serta pemahaman agama yang matang, bisa akhirnya mengkonversi keyakinan nya, pasti lah bukan melalui proses takhyul, mimpi, atau proses2 yang aneh2. Saya pikir seorang secerdas Irene, pastilah tidak sembarangan untuk berpindah agama jika bukan karena hal2 kebenaran yang bersifat fundamental. Seorang Irene yang lahir dari keturunan kristiani murni turun temurun, pasti tidak gegabah atau emosional untuk berpindah agama, sperti krn misal nya faktor; ekonomi, rumah tangga, hutang, atau pergumulan2 lain nya. Banyak yang berpindah agama karena hal hal tsb, tapi saya yakin seorang Irene yang begitu spartan, smart, brightly pasti mempunyai sesuai alasan yang mendasar pada titik keyakinan nya...pada wliayah yang dinamakan Spiritual Quotients (kecerdasan Spiritual).....She's my inspirations... :wink:
alexius wiguno
 
Posts: 76
Joined: Wed Jun 07, 2006 7:11 pm
Location: jakarta

Postby ragevize » Wed Jun 07, 2006 8:11 pm

Hei bung, bok ya jangan ketinggalan jaman. Kepalsuan irene itu sudah basi.
ragevize
 
Posts: 321
Joined: Mon Jan 02, 2006 10:41 am

Re: Terinspirasi oleh Irene Subandono

Postby Namfes » Wed Jun 07, 2006 9:02 pm

alexius wiguno wrote:Seorang Irene yang lahir dari keturunan kristiani murni turun temurun, pasti tidak gegabah atau emosional untuk berpindah agama, sperti krn misal nya faktor; ekonomi, rumah tangga, hutang, atau pergumulan2 lain nya. Banyak yang berpindah agama karena hal hal tsb, tapi saya yakin seorang Irene yang begitu spartan, smart, brightly pasti mempunyai sesuai alasan yang mendasar pada titik keyakinan nya...pada wliayah yang dinamakan Spiritual Quotients (kecerdasan Spiritual).....She's my inspirations... :wink:


Waduh Mas Alex...
kalau Anda seorang Muslim.. selamat, congratulation karena mendapatkan inspirasi untuk menjadi Muslim yang lebih baik.

Kalau Anda seorang Kristiani, saya dengan rendah hati memohon... bisakah Anda membagikan dengan kami di ruangan ini, kata-kata Irene yang memberikan Anda inspirasi? Maksudnaya biar kita diskusikan disini.

boleh tanya nih Mas Alex
1. Apa irene pernah bilang nama biara tempat ia pernah menjadi anggota? Ngga berani bilang karena takut ketahuan bohongnya.
2. Apa Irene pernah bilang nama sekolah (katanya sekolah theologia) tempat ia pernah studi? Juga ngga berani bilang karena takut ketahuan bohongnya.

Kalau Anda mengagumi karena ia smart.. waduh Mas ngga ada setan yang bloon atau moron.
Namfes
 
Posts: 113
Joined: Wed May 31, 2006 11:55 pm
Location: Abroad

Postby nasirawon » Tue Jun 20, 2006 2:28 pm

Wish to your band why !!!
ndak perlu kaget, walau misalnya Paus masuk Islam pun aku gak bakalan ingkari iman-ku pada Yesus. Itu mah pribadi, gak perlu kita kebakaran jenglot eehhhh,...jenggot !
Baru2 ini di TransTV (kalo gak salah hari Minggu pagi apa, aku lupa) ada acara tentang Bu Irene Handono ini, kayaknya sih dia bahagia pas diwawancara. Eh,,..ada bukunya yg kesorot lho, itu judulnya tentang Bahaya Kristenisasi.
Prinsip saya mah, kalo saya itu sudah dirancang oleh Tuhan sebelum dunia ini dijadikan, termasuk keselamatan saya, so, apalagi ? jadi itu semua sudah ada garis nya kok, dulu aku dari keluarga besar Muslim juga kok, jadi kenapa saya jadi Kristen ? Yah sesuai apa yg saya yakini aja, itu semua sudah di anugerahkan pada keluarga saya.

Amin.

Salam
Segorawonsakmendole.
nasirawon
 
Posts: 26
Joined: Tue Jun 20, 2006 10:00 am
Location: jakarta

Next

Return to Diskusi Kristiani

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

cron