Menghitung berkat


Menghitung berkat

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. Kolose 3 : 17

Bacaan : Kolose 3 : 5 17, I Tesalonika 5 : 18

Berbicara masalah berkat kadangkala sangat berhubungan dengan bagaimana kita mengucap syukur. Suatu berkat dalam pandangan manusia sering diartikan mendapat sesuatu yang jarang dia peroleh dan sesuatu yang dia peroleh membuat dia sangat bersukacita. Bisa dicontohkan mungkin berkat itu bisa berupa kenaikan jabatan, menang undian dengan jumlah besar atau mendapat hadiah yang sangat mahal dari salah seorang teman. Namun akankah menjadi berkat kalau suatu hari kita mengalami suatu kejadian buruk seperti ban sepeda motor bocor saat akan berangkat kerja, anak mendadak sakit sampai harus di rawat dirumah sakit atau mungkin kita di PHK dari tempat kerja kita dengan alasan yang tidak jelas. Dapatkah kita atas semua kejadian itu menganggapnya sebagai berkat tersembunyi dari Tuhan sehingga walaupun menyakitkan kita tetap bisa mengucap syukur.

Sebagai umat Kristiani Tuhan mengajarkan kita untuk tetap mengucap syukur dalam segala keadaaan, entah kita sedang bahagia atau susah, diberkati atau tidak diberkati kita tetap harus mengucap syukur atas segala sesuatu yang Tuhan ijinkan terjadi atas hidup kita. sesungguhnya tanpa sadar setiap hari kita diberkati Tuhan dengan penuh kelimpahan. Kalau hari ini kita bisa menghirup udara dengan bebas, darah kita tidak bermasalah dan kita bisa bekerja dan beraktifitas sesuka kita, itu merupakan berkat dari Tuhan. Hari ini banyak orang dirumah sakit hidupnya tergantung dari tabung oksigen untuk dia bernafas, ada juga orang yang hidupnya tergantung dari transfusi darah orang lain karena ginjalnya sudah rusak dan beberapa orang lain yang kurang beruntung harus melakukan segala sesuatu diatas kursi roda karena kakinya lumpuh. Ada banyak berkat yang luar biasa Tuhan berikan kepada kita setiap hari, namun karena kita sudah terlalu sering menerima itu kadang kita tidak bisa mengucap syukur untuk berkat tersebut.

Segala sesuatu yang berharga baru terasa berarti saat kita kehilangan sesuatu tersebut. Uang atau kekayaan bila hilang kita masih bisa mencarinya, namun waktu dan berkat yang Tuhan berikan kalau kita tidak bisa menggunakan dengan baik, maka berkat dan waktu itu akan hilang dan kita tidak bisa mendapatkannya kembali. Renungan hari ini mengajak kita semua untuk menghitung berkat kita masing-masing. Jangan fokus akan sesuatu yang buruk yang senantiasa terjadi atas hidup kita, namun fokuslah akan segala berkat yang boleh kita miliki hari ini. Kalaupun kita merasa Tuhan tidak memberkati hari ini tetaplah mengucap syukur karena Dia mengajarkan kita untuk senantiasa mengucap syukur dalam segala keadaan.



RICHARD T.G.R
Email: RICHARD.16898@YAHOO.COM

Mohon hubungi pembuat serta Pondok Renungan (pondokrenungan@gmail.com),
jika anda ingin menyebarkan karya ini.

Kembali Ke Index

Versi Cetak Versi Cetak   Email Ke Teman Email ke Teman  

Home  |  Renungan  |  Cerita |  Kesaksian  |  Diskusi |  Kontak Kami
                   
© 2000-2014 Pondok Renungan
All Rights Reserved