DOA ROSARIO


Bagi umat Katolik, Rosario adalah ratu dari semua devosi, oleh karenanya rosario adalah devosi yang paling penting. Di setiap penampakan, Bunda Surgawi meminta kita untuk mendaraskan Rosario sebagai senjata ampuh melawan kejahatan, dan sarana pembawa damai sejahtera.

Kita sungguh-sungguh diberkati apabila dapat mengetahui dan memahami segala keajaiban dari cinta; bahwa cinta dapat mengatasi segala sesuatu, dan dapat menjadi sesuatu.

Kita adalah umat yang mengimani Allah yang sedang melakukan perjalanan hidup. Tuhan menciptakan kita dan hati kita diciptakan untuk Tuhan. Tuhan telah menanamkan dalam diri kita sebuah keinginan akan kebenaran, akan kedamaian, dan akan cinta. Keinginan-keinginan ini dapat dipenuhi hanya jika kita bersatu dengan Tuhan. Menghidupkan seutuhnya iman Katolik kita akan membawa kita kepada persatuan itu. Mengucapkan doa Rosario Kudus dari Gereja Katolik Roma adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai persatuan itu.

Doa Rosario dikenal sebagai sebuah doa devosi yang jika diucapkan setiap hari akan memimpin anda untuk menemukan hubungan yang mendalam dengan Yesus Kristus melalui BundaNya yang Suci Maria. Kita bukan menyembah Maria, melainkan memohon kepada Bunda Tuhan untuk menjadi perantara bagi kita dan berdoa bersama kita kepada Tuhan. Yesus memberikan instruksi kepada kita untuk berdoa bersama-sama dan apapun yang kita minta di dalam namaNya akan kita dapatkan. Tepatnya itulah yang kita lakukan dengan doa Rosario Kudus - kita memohon Maria untuk berdoa bersama kita kepada Tuhan untuk jiwa-jiwa kita. Doa Rosario adalah sebuah doa yang sangat kuat sebagaimana siapapun yang telah mendevosikan dirinya seutuhnya kepada doa ini sehari-hari akan bersaksi. Bayangkan betapa akan menjadi kuatnya doa-doa anda apabila anda berlutut di hadapan Tuhan bersama Maria dan menyerahkan harapan-harapan anda. Inilah tepatnya yang dilakukan oleh doa Rosario.

"Perawan Tersuci dalam masa-masa ini di mana kita hidup telah memberikan kemudahan baru yang lebih luas akan pengucapan doa Rosario sehingga tidak ada masalah, meskipun betapa sulitnya, apakah sementara atau spiritual diatas segalanya, dalam kehidupan pribadi setiap dari kita, dari keluarga-keluarga kita...yang tidak dapat dipecahkan oleh Rosario. Tidak ada masalah, saya katakan kepadamu, meski betapa sulitnya, yang tidak dapat kita pecahkan dengan doa Rosario Kudus."

(Suster Lucia dos Santos)



15 JANJI BUNDA MARIA BAGI MEREKA YANG SETIA BERDOA ROSARIO

1. Mereka yang dengan setia mengabdi padaku dengan mendaraskan Rosario, akan menerima rahmat-rahmat yang berdaya guna.
2. Aku menjanjikan perlindungan istimewa dan rahmat-rahmat terbaik bagi mereka semua yang mendaraskan Rosario.
3. Rosario akan menjadi perisai ampuh melawan neraka. Rosario melenyapkan sifat-sifat buruk, mengurangi dosa dan memenaklukkan kesesatan.
4. Rosario akan menumbuhkan keutamaan-keutamaan dan menghasilkan buah dari perbuatan-perbuatan baik. Rosario akan memperolehkan bagi jiwa belas kasihan melimpah dari Allah, akan menarik jiwa dari cinta akan dunia dan segala kesia-siaannya, serta mengangkatnya untuk mendamba hal-hal abadi. Oh, betapa jiwa-jiwa akan menguduskan diri mereka dengan sarana ini.
5. Jiwa yang mempersembahkan dirinya kepadaku dengan berdoa Rosario tidak akan binasa.
6. Ia yang mendaraskan rosario dengan khusuk, dengan merenungkan misteri-misterinya yang suci, tidak akan dikuasai kemalangan. Tuhan tidak akan menghukumnya dalam keadilan-Nya, ia tidak akan meninggal dunia tanpa persiapan; jika ia tulus hati, ia akan tinggal dalam keadaan rahmat dan layak bagi kehidupan kekal.
7. Mereka yang memiliki devosi sejati kepada Rosario tidak akan meninggal dunia tanpa menerima sakramen-sakramen Gereja.
8. Mereka yang dengan setia mendaraskan Rosario, sepanjang hidup mereka dan pada saat ajal mereka, akan menerima Terang Ilahi dan rahmat Tuhan yang berlimpah; pada saat ajal, mereka akan menikmati ganjaran pada kudus di surga.
9. Aku akan membebaskan mereka, yang setia berdevosi Rosario, dari api penyucian.
10. Putera-puteri Rosario yang setia akan diganjari tingkat kemuliaan yang tinggi di surga.
11. Kalian akan mendapatkan segala yang kalian minta daripadaku dengan mendaraskan Rosario.
12. Aku akan menolong mereka semua yang menganjurkan Rosario Suci dalam segala kebutuhan mereka.
13. Aku mendapatkan janji dari Putra Ilahiku bahwa segenap penganjur Rosario akan mendapat perhatian surgawi secara khusus sepanjang hidup mereka dan pada saat ajal.
14. Mereka semua yang mendaraskan Rosario adalah anak-anakku, saudara dan saudari Putra tunggalku, Yesus Kristus.
15. Devosi kepada Rosarioku merupakan pratanda keselamatan yang luhur.

Berkat dari Rosario

1. Para pendosa diampuni.
2. Jiwa-jiwa yang haus disegarkan.
3. Mereka yang terbelenggu mendapatkan pengikat mereka dipatahkan.
4. Mereka yang menangis menemukan kebahagiaan.
5. Mereka yang dicobai menemukan kedamaian.
6. Yang miskin menemukan pertolongan.
7. Umat beriman diperbaharui
8. Yang tidak peduli diajarkan.
9. Yang hidup belajar menaklukan kesombongan.
10. Yang mati (Jiwa-jiwa suci) mendapatkan kesakitan mereka dipermudah dengan doa-doa perantara.

Keuntungan dari Rosario

1. Secara berkelanjutan memberikan pengetahuan yang sempurna mengenai Yesus Kristus.
2. Menyucikan jiwa-jiwa kita, menolak dosa.
3. Memberikan kita kemenangan atas semua musuh kita.
4. Memudahkan kita melatih kebaikan.
5. Menyalakan api cinta akan Tuhan Kita.
6. Memperkaya kita dengan rahmat-rahmat dan kesempurnaan.
7. Menyediakan kita dengan apa yang diperlukan untuk membayar semua dosa-dosa kita kepada Tuhan dan sesama manusia; dan akhirnya, mendapatkan semua rahmat untuk kita dari Tuhan Yang Maha Kuasa.



(Sumber: Katekismus Gereja Katolik & The Secret of the Rosary by St Louis-Marie Grignion de Montfort.)



Shirley Hadisandjaja
Email: sicilia_shirley@yahoo.com

Mohon hubungi pembuat serta Pondok Renungan (pondokrenungan@gmail.com),
jika anda ingin menyebarkan karya ini.

Kembali Ke Index Puisi

Versi Cetak Versi Cetak   Email Ke Teman Email ke Teman  

Home  |  Renungan  |  Cerita |  Kesaksian  |  Diskusi |  Kontak Kami
                   
© 2000-2014 Pondok Renungan
All Rights Reserved