TAKBIRAN UMAT MUSLIM DI AMBON LEWATI PEMUKIMAN UMAT KRISTEN


INDONESIA

Ambon (ANTARA News) - Pelaksanaan Malam Takbiran umat Muslim menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1426 Hijriah, Rabu malam (2/11), dilakukan dengan melewati kawasan-kawasan permukiman umat Kristen di Ambon dan sekitarnya.

ANTARA Ambon melaporkan, untuk pertama kalinya dalam enam tahun terakhir pawai malam takbiran umat Muslim, di Ibukota provinsi Maluku itu dapat melewati ruas jalan utama yang berada di kawasan pemukiman Umat Kristen, menyusul semakin kondusif dan amannya situasi dan kondisi keamanan di wilayah itu.

Pawai malam takbiran ini pun tergolong sangat ramai dan meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ribuan umat Islam terlihat bersukaria dalam mengekspresikan kemenangannya melawan hawa nafsu untuk melaksanakan perintah Allah SWT berpuasa sebulan penuh.

Ribuan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat digunakan umat Muslim untuk merayakan peristiwa kemenangan itu yang lokasi startnya dimulai dari kawasan Jl. AY. Patty Ambon dengan rute mengelilingi jalan-jalan utama di pusat Kota Ambon dan dilepas secara resmi oleh Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu.

Sejumlah pejabat juga terlihat menghadiri pelepasan sekaligus turut serta melakukan pawai bersama umat Muslim, diantaranya, Wagub Maluku, Memet Latuconsina, Ketua DPRD Maluku, Richard Louhenapessy, SH, Walikota Ambon, Drs. Jopie Papilaja, MS serta Wawali, Syarief Hadler serta Kapolda Maluku, Brigjen Pol. Aditya Warman dan pangdan XVI/Pattimura, Mayjen, TNI. Syarifuddin Summah.

Kendati pihak kepolisian telah membagi rombongan pawai dalam beberapa bagian, namun tak pelak pawai takbiran yang tergolong sangat meriah ini mengakibatkan kemacetan arus lalulintas hampir pada semua lokasi jalan yang dilewati rombongan.

Aparat kepolisian terlihat kewalahan untuk mengatur arus lalulintas pada sejumlah ruas jalan yang dilalui para peserta pawai.

Puluhan mobil Pick-Up maupun truk dihias oleh beberapa kelompok peserta dengan membentuk simbol-simbol umat Muslim, terutama masjid, bulan sabit serta Al-Quran ukuran raksasa.

Di sepanjang jalan yang dilalui tidak henti-hentinya Umat Muslim mengumandangkan takbir Allahu Akbar memuji kebesaran Allah.

Pelaksanaan malam Takbiran umat Muslim di Ambon juga didukung sepenuhnya oleh Umat Kristiani, terutama dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) berbasis Kristen dengan melakukan pengawalan terhadap pelaksanaan pawai tersebut.

Puluhan umat Kristen dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil juga turut mengikuti pawai yang berlangsung selama tiga jam tersebut, di mana terlihat turut bergembiran bersama-sama umat Muslim dalam menyambut datangnya bulan Fitri itu.


(Sumber: ANTARA, 2 Nopember 2005)



Shirley Hadisandjaja
Email: sicilia_shirley@yahoo.com

Mohon hubungi pembuat serta Pondok Renungan (pondokrenungan@gmail.com),
jika anda ingin menyebarkan karya ini.

Kembali Ke Index Puisi

Versi Cetak Versi Cetak   Email Ke Teman Email ke Teman  

Home  |  Renungan  |  Cerita |  Kesaksian  |  Diskusi |  Kontak Kami
                   
© 2000-2014 Pondok Renungan
All Rights Reserved